Dasar Jaringan Komputer

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer (sharing)

Bali Komputer Service

Saturday,19 March 2016

0 Comments

Sharing Komputer

Sharing komputer adalah service yang di sediakan di bali komputer service, sharing komputer ini sering sekali di gunakan di berbagai perusahaan dan di perlukan dalam berbagai pekerjaan perkantoran.

Manfaat Sharing Jaringan Komputer Untuk Perusahaan atau Perkantoran

  1. Dapat saling sharing File ke Komputer lain
  2. Dapat meningkatkan kinerja system
  3. Dapat memakai printer secara bersamaan
  4. Tukar menukar data
  5. Dapat menghemat biaya
  6. Efisiensi kerja Meningkat
  7. File-file lebih mudah di pelihara

Definisi Jaringan dan komunikasi

Jaringan komputer adalah sekumpulan alat atau peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya seperti yang sering kita gunakan yaitu printer dan File Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya. Dibutuhkan aturan-aturan sperti (protocols) yang mengatur segala komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah komunikasi yang mengkhususkan diri pada penyampaian sejumlah informasi yang biasa berupa text dan gambar. Unsur pokok komunikasi data :

  1. Transmitter ( sumber )
  2. Receiver ( tujuan )
  3. Informasi yang berupa data
  4. Media transmisi

Sistem Komunikasi

Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi

  1. Pertukaran data paling kecil antara dua entitas

Data, Sinyal Dan Informasi

  1. Data adalah istilah yang digunakan dalam jaringan komunikasi menuju ke pembahasan informasi yang memiliki atau mengandung suatu makna antara sang pengirim dan sang penerima.
  2. Pensinyal atau memberikan sinyal adalah proses dimana suatu komputer berinteraksi dengan medium transmisi jaringan dan mengirim sinyal-sinyal melalui medium tersebut.
  3. Media Transmisi adalah proses perambatan dan pengolah sinyal- sinyal tersebut didalam medium transmisi, hingga pertukaran informasi dapat terjadi. Data yang mengalir atau merambat didalam medium transmisi dapat berbentuk sinyal analog atau digital, dan jenis dari energi sinyal tersebut dapat berupa energi elektrik atau energi cahaya (Optik).

Enkoding dan Dekoding

  1. Peranan Enkoding adalah mendefinisikan dan memanipulasi karakteristik sinyal - sinyal untuk mempresentasikan informasi
  2. Dekoding digunakan oleh penerima sinyal untuk mengembalikan pola dari sinyal tersebut menjadi data aslinya. Salah satu cara paling sederhana untuk melakukan komunikasi data dalam sebuah jaringan komputer adalah dengan menggunakan sinyal listrik untuk menampilkan data.

Prinsip Komunikasi

Pada jaringan komputer modulasi gelombang yang bertugas untuk membawa ditujukan untuk transmisi via kawat atau tembaga, kabel serat optik, kanal mikro, dan transmisi radio. Terdapat beberapa modulasi sebuah gelombang pembawa analog, sehingga dapat menampilkan data digital :

  1. Modulasi Frekuensi
  2. Modulasi Amplitodu
  3. Modulasi Pergeseran – Faza
  4. NRZ-L (nonreturn to Zero Level)
  5. Pensinyalan Bertingkat (Penggabungan ke 3 Modulasi )

Komponen Jaringan

  1. Hardware Komputer : Komputer (di dalam ada perangkat yang menghubungkan dgn jaringan misal (NIC, Modem)
  2. Scanner
  3. Printer

Perangkat Jaringan

  1. Modem
  2. NIC
  3. Hub
  4. Switch
  5. Firewall
  6. Router

Media

  1. Kabel
  2. Non Kabel (wireless) atau WIFI

Aturan

  1. Protocol

Mengenal Komponen Jaringan

  1. Hub
  2. Eternet
  3. Kabel UTP
  4. Switch
  5. Tank Kriping
  6. Router
  7. RG45
  8. Modem External

Pengertian Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator - Demodulator (lubis, 2004 : dalam surat Kabar Harian Analisa dalam http://safri-lubis.info/file/index.php?option=com_content&task=view&id=24&itemid=56) Modulate adalah proses penerjemah data dari digital ke analog sehingga dapat ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modulator merupakan bagian pengubahan sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian memisahkan sinyal informasi(yang berisi data atau pesan) dari sinyal. Semua peralatan yang berpartisipasi harus terhubung secara langsung.

Peralatan yang dibutuhkan untuk koneksi secara Fisik:

  1. Komputer
  2. NIC
  3. Network Media
  4. Repeater/Hub/Bridge/Switch/Router

Pengertian LAN ( Local Area Network)

LAN atau Local Area Network perangkat jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain dengan menggunakan kabel komputer dan router sebagai penyambungnya . Misalnya , komputer 1 ke komputer 2 dapat dihubungkan menggunakan kabel LAN , tetapi jika Anda ingin menghubungkan komputer 1 ke komputer 2 , 3 dan 4 akan memerlukan router.

Pengertian Jaringan LAN

LAN Jaringan media transmisi dan satu set perangkat keras dan perangkat lunak untuk perangkat menginterfacekan ke media dan mengontrol akses ke media tepat . topologi LAN digunakan untuk membentuk sebuah cincin , bus , pohon dan bintang . Bus dan pohon topologi adalah bagian pasif kabel di mana perangkat terhubung . Transmisi frame oleh stasiun dapat didengar oleh stasiun lain . Ring LAN terdiri dari sebuah loop tertutup dan loop yang memungkinkan data yang beredar di sekitar ring . Repeater berfungsi sebagai titik penghubung dari perangkat . Transmisi umumnya berbentuk bingkai , sedangkan bintang termasuk simpul pusat di mana stasiun yang terhubung .